sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Bareskrim Polri Bongkar Jaringan Pengedar Vaksin Palsu Untuk Balita

Bareskrim Polri Bongkar Jaringan Pengedar Vaksin Palsu Untuk Balita



Jakarta – Bareskrim Polri berhasil mengungkap jaringan peredaran vaksin palsu untuk balita dan menangkap lima tersangka, mulai dari yang memproduksi hingga yang mengedarkan.

Bareskrim Polri Bongkar Jaringan Pengedar Vaksin Palsu Untuk Balita

Menurut pengakuan tersangka, vaksin palsu tersebut mereka edarkan ke rumah sakit serta klinik kesehatan di Jakarta dan sekitarnya.

Petugas dari Bareskrim Polri melakukan penggerebekan di Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada Selasa (21/6/2016) sore dan mengamankan lima orang tersangka, M, T, A, S, dan L.

“Praktik pembuatan vaksin palsu ini akan membuat generasi kita rentan dengan virus yang menyerang anak balita yang impact-nya ketika dewasa,” jelas Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya, Rabu (22/6/2016).

“Pembuatan vaksin seperti tersebut sangatlah membahayakan kesehatan, karena hal itu tidak sesuai dengan ketentuan pembuatan obat yang diatur oleh Balai POM,” tambah Agung.

Para pelaku dijerat Pasal 196 jo Pasal 98 dan atau Pasal 197 jo Pasal 106 dan atau Pasal 198 jo Pasal 108 Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan atau Pasal 62 jo Pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
(Samsul Arifin)