Home » News » Alami Keretakan Parah, Makam Yesus Direnovasi

Alami Keretakan Parah, Makam Yesus Direnovasi



Jerusalaem – Setelah menunggu cukup lama akhirnya makam Yesus yang terletak di bawah sebuah gereja di Yerusalem akhirnya direstorasi.
Gereja Holy Sepuchre yang berada di atas makam Yesus tersebut mulai dibangun pada abad pertengahan dan terakhir direnovasi pada tahun 1810 setelah terbakar.

Alami Keretakan Parah, Makam Yesus Direnovasi

Karena gereja ini begitu ramai didatangi peziarah setiap harinya, maka dinding gereja yang dipenuhi hiasan indah itu menjadi kotor dan penuh dengan lapisan jelaga tebal, sisa dari asap pembakaran lilin dan berbagai persembahan yang dibakar lainnya.

Proyek renovasi yang menurut perhitungan akan memakan dana sebesar USD 4,5 juta ini akan berlangsung selama 12 bulan karena para ahli bangunan akan memasang pasak titanium di sekeliling bangunan untuk memperkuat strukturnya.

Lamanya keputusan untuk memulai proses restorasi juga dikarenakan sengketa antar berbagai faksi Kristen yang saling mengklaim sebagai pemilik dari makam tersebut. Setelah sengketa tersebut dapat diatasi maka para ahli dari Universitas Teknik Nasional di Athena, Yunani, akan segera memulai pekerjaannya.

“Kami memutuskan bahwa tempat ini membutuhkan renovasi, jadi kami menyetujui hal tersebut,” kata Samuel Aghoyan, petinggi Gereja Armenia Jerusalem, kepada Associated Press.
(Samsul Arifin)