Home » News » Rizal Ramli Buktikan Bahwa Tol Laut Di Indonesia Bukan Dongeng

Rizal Ramli Buktikan Bahwa Tol Laut Di Indonesia Bukan Dongeng



Jakarta – Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri dari banyak pulau dari Sabang sampai Merauke. Sehinggah menurut sebagian kalangan untuk memajukan perdagangan yang ada di Indonesia harus sevara penuh pemanfaatan wilayah Indonesia yang strategis tersebut dari segi kelautan.

Rizal Ramli Buktikan Bahwa Tol Laut Di Indonesia Bukan Dongeng

Di masa pemerintahan Jokowi sekarang ini telah memanfaatkan jalur perairan untuk memajukan usaha perdagangan di Indonesia dengan dibuatnya Tol Laut. Dengan adanya Tol Laut diharapkan untuk lebih mempermudah jalur perdagangan dan dapat bersaing dengan negara-negara tetangga serta untuk menstabilkan harga perdagangan di berbagai eilayah Indonesia. Hal itu terbukti dengan harga bahan pokok turun di wilayah yang menjadi sasaran program tol laut.

“Manfaat besar sekali ada tol laut ini, harga kebutuhan pokok di Indonesia Timur sangat mahal sekali setelah ini ada berhasil menurunkan harga. Ada statistiknya, Misal beras turun 20 persen,gula pasir 28 persen, tepung terigu lumayan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, kepada wartawan, Minggu (19/6/2016).

Rizal mengatakan, program tol laut yang menjadi wujud visi misi Nawacita membangun dari pinggiran merupakan salah satu jurus untuk membangun poros maritim.

‎”Conectivity supaya poros maritim betul ada manfaatnya,”‎ kata Rizal.

Rizal menuturkan, meski program tol laut pernah diragukan namun program itu mampu diwujudkan dan berjalan. Dengan membangun 150 lebih pelabuhan dengan kapasitas menengah dan kecil dan mayoritas terletak di Indonesia Timur.

‎”Selama ini banyak yang merasa bahwa dongeng doang pemerintah Jokowi, tapi faktanya pemerintah sudah membangun ‎lebih dari 150 pelabuhan,” ungkap Rizal. (Muslich Basyirun – sisidunia.com)