Home » News » Fadli Zon Minta BPK Buka Hasil Audit Sumber Waras

Fadli Zon Minta BPK Buka Hasil Audit Sumber Waras



Jakarta – Wakil Ketua DPR RI dari Partai Gerindra Fadli Zon meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk membuka hasil auditnya terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Fadli Zon Minta BPK Buka Hasil Audit Sumber Waras

Hal ini diutarakan Fadli Zon karena lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan bahwa KPK tidak menemukan perbuatan melanggar hukum dalam proses pembelian sebagian lahan milik RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI. Padahal dalam laporan hasil auditnya, BPK menemukan bukti adanya kerugian negara sebesar Rp 191 miliar dalam pembelian tersebut.

“Ini harus dibuka ke publik supaya ada kejelasan, kalau tidak dibuka ke publik ya bubarkan saja BPK,” ujarnya dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya bertajuk “Mencari Sumber yang Waras” di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (18/6/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Fadli Zon juga menanyakan tentang keputusan KPK yang diambil setelah berkonsultasi dengan para ahli dari berbagai perguruan tinggi.

“Sejak kapan kerugian negara bisa dianulir oleh keterangan ahli, audit BPK harus diterima apa adanya, ini akan mendatangkan persoalan hukum dan ketatanegaraan,” tegasnya.

Pada Selasa (14/6/2016), Ketua KPK Agus Rahardjo di sela-sela rapat bersama Komisi III DPR mengatakan kepada wartawan bahwa penyidik KPK tidak menemukan perbuatan melanggar hukum dalam pembelian sebagian lahan Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Penyidik kami tidak menemukan perbuatan melanggar hukum. Dari situ kan (kasusnya) sudah selesai. Karena (kalau) perbuatan melawan hukumnya tidak ada kan (penyelidikan) sudah selesai,” jelas Agus Rahardjo.
(Samsul Arifin)