Home » News » ISIS Semakin Terdesak di Fallujah

ISIS Semakin Terdesak di Fallujah



Fallujah – Keberadaan ISIS di Fallujah, Irak semakin terdesak sejak pasukan Irak mengadakan serangan besar-besaran pada satu bulan ini terhadap kota penting di Provinisi Al Anbar tersebut.

ISIS Semakin Terdesak di Fallujah

Bahkan pasukan Irak kini dikabarkan telah berhasil merebut kembali gedung pemerintahan di Kota Fallujah dari tangan ISIS.

Reuters pada Jumat (17/6/2016) melaporkan, kepolisian Irak telah mengibarkan bendera Irak di atas gedung tersebut dan melakukan pengejaran terhadap militan ISIS yang masih menguasai beberapa wilayah penting di Fallujah.

Operasi militer besar-besaran untuk membebaskan Fallujah dimulai sejak 23 Mei 2016 dengan melibatkan segenap kekuatan militer dan kepolisian Irak, termasuk milisi Syiah dan suku Sunni, dibantu oleh serangan udara dari pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Pembebasan Fallujah ini, selain menghancurkan basis dari kekuatan ISIS untuk meluncurkan serangan roket ke Baghdad juga merupakan salah satu taktik untuk mendesak ISIS mundur dan memusatkan keberadaannya di Mosul yang kemudian akan menjadi sasaran berikutnya bagi militer Irak dan pasukan koalisi.
(Samsul Arifin)