Home » News » Irak Akhirnya Berhasil Rebut Fallujah dari ISIS

Irak Akhirnya Berhasil Rebut Fallujah dari ISIS



Baghdad โ€“ Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengumumkan bahwa pasukan Irak dengan dibantu oleh serangan udara dari pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat akhirnya berhasil merebut kembali Kota Fallujah dari tangan ISIS.

Irak Akhirnya Berhasil Rebut Fallujah

“Kami menjanjikan kepada Anda untuk membebaskan Fallujah dan kini kami berhasil merebut kembali kota itu. Pasukan keamanan Irak berhasil mengambil alih kota, kecuali ada satu ‘kantong kecil’ yang perlu dibersihkan dalam beberapa jam mendatang,” ujar PM Irak Haider al-Abadi seperti dilansir Al Jazeera, Sabtu (18/6/2016).

“Fallujah telah kembali kepada Irak dan pertarungan selanjutnya adalah untuk merebut Mosul. ISIS akan segera kalah,” tulis Abadi di akun Twitter-nya.

Pada Jumat (17/6/2016) pagi, setelah bertempur kurang lebih satu bulan, pasukan Irak berhasil memasuki pusat Kota Fallujah dan menguasai gedung pemerintahan yang telah direbut ISIS beberapa waktu lalu.

“Pasukan layanan kontraterorisme dan pasukan pemukul reaksi cepat telah mengambil alih kembali pusat Kota Fallujah,” ujar komandan penanggung jawab seluruh operasi, Letnan Jenderal Abdulwahab al-Saadi seperti dikutip AFP dan dilansir Al Jazeera.

Kini bendera Irak berkibar di gedung tinggi sebagai tanda bahwa Kota Fallujah sudah berhasil direbut kembali oleh pemerintah Irak.
(Samsul Arifin)