Home » News » KPK Sita Mobil Milik Panitera PN Jakut dan Pengacara Saipul Jamil

KPK Sita Mobil Milik Panitera PN Jakut dan Pengacara Saipul Jamil



Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (16/6/2016) malam melakukan penggeledahan ke sejumlah tempat yang dicurigai sebagai tempat untuk menyimpan barang bukti kasus dugaan suap terkait peringanan vonis perkara tindak asusila yang menyeret pedangdut Saipul Jamil.

KPK Sita Mobil Milik Panitera PN Jakut dan Pengacara Saipul Jamil

KPK menggeledah kantor Pengadilan Negeri Jakarta Utara, kediaman kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan kediaman pengacara Saipul Jamil, Berthanatalia Ruruk Kariman di Tangerang.

Dari ketiga tempat tersebut KPK menyita dua unit mobil, masing-masing milik Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara Rohadi dan Berthanatalia Ruruk Kariman.

“Ada dua mobil yang disita, mobil Fortuner milik Rohadi, dan mobil Pajero milik Bertha. Aset lain akan dilakukan pengembangan,” ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati, Jumat (17/6/2016).

Selain menyita dua mobil tersebut, KPK juga sedang menelusuri keberadaan uang Rp 700 juta yang ditemukan di dalam mobil Rohadi saat operasi tangkap tangan.

“Uang Rp700 juta akan kita kembangkan apakah berkaitan kasus atau tidak,” kata Yuyuk.

KPK menduga, suap yang diberikan oleh kakak Saipul Jamil dan pengacara Saipul bertujuan untuk mempengaruhi keputusan hakim sehingga vonis yang diterima Saipul menjadi ringan.

Rohadi sebagai tersangka penerima dikenai pasal 12 huruf a atau huruf b UU Tipikor atau Pasal 11 UU Tipikor Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah Nomor 20 Tahun 2001 junto Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP.

Sedangkan Bertha, Kasman, dan Samsul sebagi pemberi suap dikenai pasal 5 Ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU Tipikor junto Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP.
(Samsul Arifin)