sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Obat Herbal Miliki Efek Samping

Obat Herbal Miliki Efek Samping



Yogyakarta – Pada sekarang ini banyak penyakit yang beredar dikalangan masyarakat. Penyakit dari yang tingkat resiko meninggal dunia paling kecil sampai yang terberat.

Obat Herbal Miliki Efek Samping

Untuk mencegah penyakit tersebut tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memanfaatkan obat herbal untuk menyembuhkannya. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua obat herbal mempunyai fungsi yang sama bahkan da beberapa obat herbal yang mempunyai efek samping.

“Bahan herbal juga memiliki efek samping yang dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan. Hal itu yang harus dipahami masyarakat,” kata Akrom, selaku Kepala Pusat Informasi dan Kajian Obat (PIKO) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Selasa (14/6/2016).

Akrom juga menghimbau warga Indonesia untuk memanfaatkan obat herbal sesuai dengan takaran atau dosis yang wajar dan sudah terbukti kahsiatnya sehingga aman untuk digunakan. Jika tidak berhati-hati, obat herbal tersebut dapat menimbulkan efek samping dan dapat menimbulkan penyakit yang ada dalam tubuh manusia.

“Ada juga obat herbal untuk mengatasi nyeri lambung, ternyata obat itu dapat memicu penyakit jantung pada penggunanya,” ujar Akrom.

“Jika pengetahuan kita minim terhadap suatu bahan herbal, pertimbangkan dulu faktor amannya, sedangkan faktor manfaat menjadi pertimbangan berikutnya. Jadi, yang menjadi pertimbangan pertama dan utama itu faktor amannya,” kata Akrom.

Akrom juga mengungkapkan bahwa kebanyakan penderita biasanya mempunyai sugesti kesembuhan ketika memakai obat herbal dan jelakanya biasanya meninggalkan obat utama untuk dikonsumsi. “Jika ternyata rasa sembuh itu hanya sugestif, akibatnya bisa fatal. Risiko kematian justru mengancam pasien,” ujar Akrom.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)