Home » Sport » Brasil Pecat Dunga Karena Gagal Total di Copa America 2016

Brasil Pecat Dunga Karena Gagal Total di Copa America 2016



Rio de Janeiro – Federasi Sepakbola Brasil, CBF, secara resmi memberhentikan Carlos Dunga sebagai pelatih Brasil pada Rabu (15/6/2016) dinihari WIB setelah kegagalan yang cukup memalukan bagi Brasil di kompetisi 100 tahun Copa America.

Brasil Pecat Dunga Karena Gagal Total di Copa America 2016

Timnas Brasil yang diunggulkan justru tidak mampu lolos dari babak penyisihan Grup B Copa America 2016 dengan hanya memperolah poin 4 dari seri melawan Ekuador dan menang telak 7-1 dari tim lemah Haiti. Brasil kemudian tersingkir setelah kalah 0-1 dari Peru.

“Keputusan tersebut diambil dalam pertemuan malam ini dan, mulai saat ini, CBF akan memulai proses untuk memilih staf yang baru dari timnas Brasil,” demikian pernyataan dari CBF di situs resmi mereka.

Bagi Carlos Dunga, pemecatan ini merupakan yang kedua kalinya ia terima dari Brasil setelah pada tahun 2010 Dunga juga pernah dipecat dari pelatih tim Brasil karena Brasil tersingkir di 8 besar Piala Dunia 2010.

Dunga kemudian dipanggil lagi untuk menangani Brasil pada tahun 2014, menggantikan Luiz Felipe Scolari yang dianggap gagal karena Brasil menelan salah satu kekalahan terbesar dalam sejarah sepakbola mereka, saat kalah 1-7 dari Jerman di semifinal Piala Dunia 2014.
(Samsul Arifin)