Home » News » Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Telah Tewas?

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Telah Tewas?



Raqqa – Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi, dilaporkan tewas setelah terjadi serangan udara pasukan koalisi yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Situs berita Daily Star yang mengutip laporan media Iran dan media pro-Pemerintah Turki, pada Selasa (14/6/2016) melaporkan bahwa Abu Bakr al-Baghdadi tewas dalan serangan udara terhadap basis ISIS di Raqqa.

Sedangkan kantor berita pro-ISIS, al-Amaq,mengkonfirmasi kebenaran berita terkait kematian pemimpin ISIS oleh serangan udara pasukan koalisi.

“Abu Bakr al-Baghdadi telah tewas oleh serangan udara koalisi di Raqqa pada hari kelima Ramadhan (Minggu),” bunyi laporan al-Amaq, seperti dilansir Abna24 pada Senin (13/6/2016).

Stasiun televisi Irak, Al Sumariya melaporkan, beberapa sumber di Provinsi Nineveh, Irak, mangatakan bahwa Abu Bakr al-Baghdadi beserta pemimpin ISIS lainnya terluka dalam serangan udara koalisi di dekat perbatasan Suriah.

Laporan bahwa al-Baghdadi terluka karena serangan pasukan koalisi memang telah beredar sejak tahun lalu. Kabar terakhir menyebutkan al-Baghdadi mengalami luka serius saat terjadi serangan udara pada 18 Maret 2015 lalu yang menewaskan tiga orang dekatnya.

Pihak koalisi sendiri hingga saat ini masih belum memberikan keterangan resmi maupun konfirmasi terkait berita yang telah beredar.
(Samsul Arifin)