Home » News » Iran Ikut Mengecam Keras Penembakan Klub Gay di Orlando

Iran Ikut Mengecam Keras Penembakan Klub Gay di Orlando



Teheran – Pemerintah Iran ikut mengecam keras terkait tragedi penembakan terhadap klub gay di Orlando, Amerika Serikat dam menyebutnya sebagai perbuatan jahat teroris.

Iran Ikut Mengecam Keras Penembakan Klub Gay di Orlando

“Republik Islamis Iran, dengan didasarkan pada prinsip kebijakan untuk mengecam terorisme dan dengan tegas akan menghadapi fenomena jahat ini secara serius, mengecam serangan teroris baru-baru ini di Orlando,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Hossein Jaber Ansari, seperti dikutip kantor berita Iran, IRNA dan dilansir AFP, Selasa (14/6/2016).

Meskipun hubungan diplomatik Iran dan Amerika Serikat terputus sejak lebih dari tiga dekade ini namun Iran juga menentang keras terhadap aksi terorisme.

Di Iran juga berlaku pelarangan terhadap homoseksualitas, bahkan di sana perbuatan tersebut dapat diancam hukuman mati sesuai dengan hukum syariat Islam yang diberlakukan sejak tahun 1979.

Seperti diketahui, pada Hari Minggu (12/6/2016) pukul 02.00 waktu setempat terjadi peristiwa penembakan di klub Pulse, di Orlanda, yang menyebabkan 50 orang tewas dan 53 orang lainnya luka-luka.

Pelaku penembakan diketahui bernama Omar Mateen (29), yang sebelum melakukan aksinya terlebih dahulu menelpon 911 untuk menyatakan sumpah setia terhadap ISIS.

Omar Mateen sendiri tewas ditembak petugas polisi pada saat penggerebekan.

ISIS dalam pernyatannya mengaku bertanggungjawab terkait aksi penembakan ini dan menyebut Omar sebagai salah satu tentara kekhalifahan ISIS.
(Samsul Arifin)