sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Mulai Hari Ini Penerobos Busway Akan Didenda Rp 500 Ribu

Mulai Hari Ini Penerobos Busway Akan Didenda Rp 500 Ribu



Jakarta – Mulai hari ini, Senin (13/6/2016), polisi akan memberlakukan denda maksimal dengan memberikan surat tilang slip biru kepada pelanggar yang nekad menerobos jalur busway.

Mulai Hari Ini Penerobos Busway Akan Didenda Rp 500 Ribu

“Diberlakukan mulai besok. Nanti kita lakukan penindakan di titik-titik rawan,” ujar Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Minggu (12/6/2016).

“Sterilisasi jalur Busway akan dimaksimalkan dengan sistem penjagaan dan penegakan hukum yang tegas dengan sistem tilang warna biru,” tambah Budiyanto.

Tilang dengan slip biru itu artinya pelanggar harus membayar denda maksimal sesuai dengan Undang-Undang ke bank yang telah ditunjuk.
“Ini berarti bagi pelanggar busway akan menitipkan denda maksimal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah dalam hal ini BRI,” tegasnya.

Ketentuan denda tilang maksimal bagi penerbos jalur busway diatur dalam Pasal 287 UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan sanksi pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.
(Samsul Arifin)