Home » News » Jumlah Terpidana Yang Dihukum Mati Gelombang Tiga Jadi 18 Orang

Jumlah Terpidana Yang Dihukum Mati Gelombang Tiga Jadi 18 Orang



Jakarta – Jaksa Agung HM Prasetyo memberitahukan bahwa akan ada 18 terpidana mati yang akan dieksekusi seusai lebaran 2016. Angka ini sedikit lebih banyak dari jumlah yang direncanakan semula sebanyak 14 orang terpidana mati.

Jumlah Terpidana Yang Dihukum Mati Gelombang Tiga Jadi 18 Orang

“Kami siap anggaran untuk 18 terpidana mati,” kata Prasetyo dalam rapat kerja dengan Komisi III di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2016).

“Hanya walaupun dianggap agak sedikit tertunda karena ada beberapa faktor,” sambung Prasetyo.

Jaksa Agung mengakui ada sedikit kendala mengapa pelaksanaan eksekusi masti sampai molor hingga sekarang ini. Menurut Prasetyo eksekusi mati membawa pengaruh bagi sektor ekonomi.

“Penyebab utama (tertundanya eksekusi mati), kita ada pemahaman, eksekusi mati agak mengganggu sektor ekonomi. Sehingga sektor ekonomi yg kami anggap prioritas,” tutur Prasetyo.

Sedangkan untuk 2017 nanti sudah direncanakan sebanyak 30 terpidana mati akan menyusul dieksekusi. Kejaksaan Agung sendiri telah mengajukan anggaran untuk hal ini.

“Penyelesaian pekara pidum (pidana umum) dianggarkan Rp 463 miliar, termasuk untuk (eksekusi) 30 terpidana mati,” ujar Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan (Jambin), Bambang Waluyo di ruang yang sama.
(Samsul Arifin)