Home » News » Puluhan Perwira Militer Senior Dipecat Karena Korupsi

Puluhan Perwira Militer Senior Dipecat Karena Korupsi



Lagos – Nigeria melakukan pemecatan besar-besaran terhadap puluhan perwira militer senior mereka karena kedapatan melakukan korupsi dengan mengambil uang dana militer yang seharusnya dipakai untuk melawan Boko Haram.

Puluhan Perwira Militer Senior Dipecat Karena Korupsi

Fox News pada Sabtu (11/6/2016) mengutip keterangan yang diberikan oleh Juru Bicara Militer Nigeria, Kolonel Sani Kukesheka Usman yang mengatakan bahwa perwira yang senior yang dipecat tersebut berpangkat Jenderal, Brigadir Jenderal, Kolonel, Letnan Kolonel dan satu Mayor.

“Beberapa telah diserahkan kepada Komisi Kejahatan Ekonomi dan Keuangan karena diduga mengalihkan miliaran dana yang dimaksudkan untuk membeli senjata,” kata Usman.

Beberapa dari perwira senior tersebut juga merupakan pendukung dari mantan Presiden Goodluck Jonathan yang dikalahkan oleh mantan diktator militer Muhammadu Buhari yang mengangkat isu pemberantasan korupsi dan perlawanan terhadap Boko Haram dalam kampanyenya.

Dua dari puluhan perwira yang dipecat tersebut adalah mantan kepala staf pertahanan. Mereka terbukti mengambil dana sebesar USD 20 juta untuk membangun pusat perbelanjaan dan membeli properti lainnya di Abuja, Ibu Kota Nigeria.

Sedangkan perwira lainnya diketahui mengalihkan dana sebesar USD 21 miliar atas perintah Goodluck Jonathan untuk menyuap pejabat guna memenangkan pemilihannya.
(Samsul Arifin)