Home » News » Inilah Foto Pemukiman Kampung Baru Yang Bakal Digusur Ahok

Inilah Foto Pemukiman Kampung Baru Yang Bakal Digusur Ahok



Jakarta – Lagi-lagi Ahok selaku Gubernur DKI Jarta harus menggusur sebuah perkampungan untuk merealisasikan proyek penanganan banjir berupa pembangunan tanggul.

Inilah Foto Pemukiman Kampung Baru Yang Bakal Digusur Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana menertibkan pemukiman Kampung Baru di Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara. Ahok melanjutkan, kawasan yang akan dibongkar yakni area yang dia jadikan tempat pengungsian warga Muara Baru yang sudah digusur sejak 2013. Warga menetap di kampung tersebut karena enggan di pindahkan ke rumah susun yang disediakan pemerintah.

“Tahu enggak, abis buka (bongkar) senang kan, dapat duit lagi kan. Lalu dia (warga) maju lagi ke laut. Nah, sekarang di Muara Angke sekarang ini sebagian besar adalah yang bongkaran 2013,” katanya, di Balai Kota, Kamis (9/6/2016).

Ahok mengatakan bahwa kawasan tersebut akan dibangun sebuah tanggul untuk mengatasi permasalahan banjir yang ada di Jakarta. Selain itu Ahok mengungkapkan bahwa permukaan tanah di Jakarta sejatinya miring ke arah laut, ketika air tinggi dan sejajar dengan daratan harus disedot dengan rumah pompa. “Maka saat hujan sebanyak 40 persen luas Jakarta akan terendam banjir,” katanya.

Ahok juga memaparkan bahwa pada dulu kala Belanda sudah melakukan pengkajian terkait permukaan tanah Jakarta. Dalam kajian Belanda di tahun 1973, 30 tahun yang akan datang semua sungai di hilir Jakarta tidak bisa membuang air ke laut. Sehingga merekomendasikan untuk pembuatan tanggul.

Berdasarkan kajian dan fakta yang terjadi pada saat ini di Jakarta, Pemprov DKI memang tengah mengerjakan proyek tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) A, B, dan C untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada tahap pertama, NCICD A di wilayah utara Jakarta akan dibangun tanggul setinggi 3,8 meter dalam waktu dekat. (Muslich Basyirun – sisidunia.com)