Home » Gaya Hidup » Sebaiknya Jangan Terlalu Banyak Minum Teh Saat Berpuasa

Sebaiknya Jangan Terlalu Banyak Minum Teh Saat Berpuasa



Jakarta โ€“ Salah satu yang harus diperhatikan dalam menjalankan ibadah puasa adalah pemenuhan kebutuhan akan cairan yang cukup selama puasa. Hal ini dapat dipenuhi melalui minuman yang dikonsumsi saat berbuka hingga waktu sahur.

Sebaiknya Jangan Terlalu Banyak Minum Teh Saat Berpuasa

Salah satu pilihan minuman yang digemari adalah teh. Selain mengandung rasa manis, teh juga sangat menyegarkan bila diminum dalam keadaan dingin setelah seharian menahan haus.

Namun yang harus diperhatikan dalam kaitannya dengan minuman teh yaitu, teh bersifat dieuretik, yang artinya teh dapat mempercepat pembentukan urine sehingga menyebabkan sering buang air kecil. Seringnya buang air kecil tentu saja akan mengurangi cadangan cairan di dalam tubuh saat berpuasa.

Salah satu anggapan lain yang salah soal minuman teh yaitu dapat memberikan kekuatan selama berpuasa karena rasa manis yang terkandung di dalam teh. Namun yang perlu diingat adalah, kekuatan yang diberikan oleh teh hanya bertahan 1-2 jam saja, kemudian tubuh kembali akan melemah.

Namun demikian, bukan berarti tidak boleh minum teh saat berpuasa. Bolehsaja, tapi jangan terlalu banyak.

Pilihan tentu saja bergantung dari Anda. Lebih baik banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih selama berpuasa untuk memenuhi kebutuhan akan cairan tubuh.
(Samsul Arifin)