Home » Sport » Piala Eropa 2016: Suporter Inggris Bikin Rusuh di Marseille

Piala Eropa 2016: Suporter Inggris Bikin Rusuh di Marseille



Marseille – Bukan supporter Inggris kalau tidak membuat kericuhan. Pada Jumat (10/6/2016), polisi Prancis terpaksa harus menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerusuhan yang dilakukan oleh beberapa orang supporter Inggris di sebuah pub di distrik Old Port, Marseille, Perancis.

Piala Eropa 2016: Suporter Inggris Bikin Rusuh di Marseille

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengutuk aksi para supporter Inggris ini dan mendukung pihak kepolisian Prancis untuk menindak tegas mereka.

Menurut produser program berita malam di BBC, Alex Campbell, dalam akun Twitter-nya, supporter Inggris yang membuat rusuh ini dalam keadaan mabuk dan melemparkan botol minumannya ke arah polisi.

“Sebagian besar penggemar Inggris di sini sedang mabuk dan bernyanyi. Namun, lemparan botol ke arah polisi juga semakin sering,” tulis Campbell.

Keributan terjadi setelah polisi melakukan penindakan terhadap sekelompok supporter yang melemparkan bekas botol-botol minumannya ke jalanan sambil mengejek dan menantang polisi.

Dalam kericuhan ini, seorang pendukung Inggris dan seorang warga Prancis diamankan polisi.

Pihak kepolisian Prancis juga meminta pemilik bar di area Old Port untuk berhenti menyajikan bir untuk para suporter Inggris karena mereka mabuk dan mengganggu ketertiban.

Sehari sebelumnya, di tempat yang sama juga terjadi kericuhan yang dilakukan supporter Inggris yang mengakibatkan empat polisi Prancis mengalami luka-luka.

Timnas Inggris sendiri akan mengawali pertandingannya di Piala Eropa 2016 menghadapi Rusia di Grup B, di Stade Velodrome, Sabtu (11/6/2016) waktu setempat.
(Samsul Arifin)