Home » News » Militer Libya Optismis Segera Merebut Kembali Kota Sirte Dari Tangan ISIS

Militer Libya Optismis Segera Merebut Kembali Kota Sirte Dari Tangan ISIS



Tripoli – Militer Libya berhasil merebut kembali pelabuhan di Kota Sirte dari tangan ISIS setelah melakukan pengepungan dan membombardir titik-titik sasaran yang dicurigai sebagai markas militan ISIS di Sirte.

Militer Libya Optismis Segera Merebut Kembali Kota Sirte Dari Tangan ISIS

Jet-jet tempur dari pasukan pemerintah mulai dikerahkan pada awal pekan ini untuk menyasar tempat dan wilayah yang dikuasai ISIS. Sementara itu, angkatan laut menembakkan rudal-rudal ke arah pelabuhan yang dikuasai ISIS.

Juru bicara militer Libya, Jenderal Muhammad al-Ghusri mengatakan, akibat serangan terus menerus yang dilakukan Libya, para pemimpin senior ISIS di Sirte telah melarikan diri ke wilayah gurun di utara kota.

“Saya berpendapat, kita akan segera bisa mengumumkan pembebasan Sirte dalam dua atau tiga hari mendatang,” kata Muhammad al-Ghusri, seperti dikutip BBC, Sabtu (11/6/2016).

Sirte merupakan kampung halaman Moammar Khadafi, pemimpin Libya yang digulingkan oleh rakyatnya sendiri saat pergolakan yang dikenal dengan peristiwa “Arab Spring”.

Setelah Moammar Khadafi tewas timbul kekacauan politik di Libya yang tidak kunjung berhenti. Keadaan ini kemudian dimanfaatkan oleh ISIS untuk mengambil alih Sirte dan menggunakannya sebagai markas ISIS di Libya.
(Samsul Arifin)