Home » Sport » Petenis Maria Sharapova Dijatuhi Hukuman Dua Tahun Karena Doping

Petenis Maria Sharapova Dijatuhi Hukuman Dua Tahun Karena Doping



Montreal – Petenis wanita asal Rusia yang saat ini berdomisili di Amerika Serikat, Maria Sharapova, dijatuhi hukuman oleh Badan Tenis Dunia (ITF) akibat kasus pemakaian zat terlarang atau doping.

Petenis Maria Sharapova Dijatuhi Hukuman Dua Tahun Karena Doping

ITF menghukum petenis berusia 29 tahun dengan hukuman pelarangan tampil di turnamen apapun selama dua tahun karena Sharapova dinyatakan terbuki melanggar ketentuan WADA (badan anti-doping dunia) terkait zat terlarang yang dikonsumsinya.

Menurut ITF, larangan tampil bagi Sharapova ini terhitung dari saat ia menyerahkan sampel urine-nya pada 26 Januari 2016, setelah bertanding di babak perempat final Australia Terbuka 2016.

“Pengadilan independen yang ditunjuk berdasarkan Pasal 8.1 Program Tenis Anti-doping, menyatakan bahwa Maria Sharapova melanggar pasal 2.1 tentang anti-doping. Yang bersangkutan akan dijatuhi hukuman larangan bertanding selama 2 tahun, terhitung sejak 26 Januari 2016.”

“Sharapova, 29 tahun dari Rusia, memberikan sampel urin pada 26 Januari 2016, setelah pertandingan perempat final Australia Terbuka 2016 di Melbourne, Australia. Sampel yang dikirim ke laboratorium WADA di Montreal, Kanada, mengandung meldonium yang merupakan modulator metabolik dan termasuk dalam daftar terlarang,” demikian pernyataan resmi ITF, Rabu (8/6/2016).

Sharapova sendiri langsung bereaksi terhadap sanksi yang diberikan ITF dan berencana akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olah raga (CAS).

“Saya tidak bisa menerima skorsing yang keras dan tidak adil ini. Saya akan segera melakukan banding ke pengadilan arbitrase olah raga,” kata Sharapova.
(Samsul Arifin)