sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Pelaksanaan Kebiri Oleh Dokter Dianggap Melanggar Sumpah Dokter

Pelaksanaan Kebiri Oleh Dokter Dianggap Melanggar Sumpah Dokter



Jakarta – Terkait dengan maraknya kasus pemerkosaan yang terjadi saat ini. Banyak kalangan yang mengusulkan untuk diberlakukannya hukuman kebiri bagi para pelaku pemerkosaan.

Pelaksanaan Kebiri Oleh Dokter Dianggap Melanggar Sumpah Dokter

Tetapi hal tersebut merupakan sesuatu hal menentang atau berlawanan dengan sumpah dokter. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menolak jadi eksekutor hukuman kebiri karena Pelaksanaan hukuman kebiri oleh dokter dianggap melanggar Sumpah Dokter dan Kode Etik Kedokteran Indonesia.

“Kita tidak menentang PERPPU mengenai tambahan hukuman kebiri. Tetapi, eksekusi penyuntikan jangan lah seorang dokter, ” ujar Ketua Umum IDI Ilham Oetama Marsis kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Ilham mengungkapkan, IDI akan mendukung kebijakan pemerintah apapun itu bentuknya. Namun dirinya juga mengatakan IDI tidak mau dilibatkan dengan hal yang melanggar sumpah dokter.

“Kalau melanggar, dikeluarkan dari organisasi profesi organisasi. Dokter bertugas hanya untuk kepentingan kemanusiaan. Dalam perperangan pun, dokter harus menyelamatkan manusia sekalipun itu musuh,” kata Priyo.

Wimpie Pangkahila selaku dokter andrologi mengatakan sebaiknya hukuman bagi para pelaku diperberat dengan ditambahnya masa tahanan atau yang lainnya atau dengan hukuman yang tidak mencidrai profesi sebagai dokter. Toh hukuman kebiri belum tentu membuat para pelaku pemerkosaan didunia mengalami jerah.

(Muslich Basyirun – sisidunia.com)