Home » News » Air Laut Naik, Ahok Justru Bersyukur Kepada Tuhan

Air Laut Naik, Ahok Justru Bersyukur Kepada Tuhan



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) justru merasa bersyukur air laut di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Jakarta, naik. Mengapa sebabnya?

Ahok menganggap air laut naik beberapa waktu belakangan ini dan menyebabkan beberapa wilayah di Jakarta banjir justru sebagai pertolongan Tuhan untuk menjelaskan kepada sebagian orang yang menuding bahwa proyek reklamasi Teluk Jakarta menyebabkan air laut di Jakarta naik.

“Ini Tuhan menolong Ahok ini jelasin teorinya nih. (Ketinggian permukaan laut) di Bali naik, Semarang naik, seluruh Indonesia ini sekarang muka air lautnya naik. Jadi, Tuhan nolong, (naiknya permukaan laut di Jakarta) bukan karena reklamasi Ahok ya,” ujar Ahok di Balai Kota, Kamis (9/6/2016).

Menurut Ahok, ketinggian permukaan laut yang naik di berbagai wilayah Indonesia merupakan dampak dari pemanasan global dan bukan karena reklamasi.

“Kalau saya jawab, enggak ada yang dengar saya. Yang pasti laut naik bukan karena reklamasi. Surut bukan karena dikeruk airnya. Ini gaya tarik bulan. Saya ulang-ulang ini,” ujar Ahok.

Ahok juga menambahkan, menurut kajian dari Belanda, tanggul untuk menahan air laut yang aman paling tidak tingginya harus 3,8 meter.
(Samsul Arifin)