sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Lakukan 4 Langkah Ini Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Lakukan 4 Langkah Ini Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa



Jakarta – Pada hari ini, Senin (6/6/2016), adalah hari pertama bulan puasa. Biasanya pada hari pertama puasa, tubuh belum bisa menyesuaikan diri terhadap perubahan yang tiba-tiba terkait pasokan nutrisi dan mineral, khususnya cairan tubuh.

Dari segi cairan tubuh, ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang berpuasa karena kebutuhan yang sangat penting tidak dapat terpenuhi dari mulai matahari terbit hingga terbenam.

Mengenai hal ini, Dubai Health Authority (DHA) memberikan empat tips mencegah dehidrasi bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa.

1. Jangan Kurangi Porsi Minum Air
Meskipun berpuasa dari Subuh hingga Maghrib namun aturan minum paling sedikit 8-12 gelas per hari sebaiknya tetap dilakukan. Setelah berbuka puasa dengan yang manis, ikuti dengan minum air putih bertemperatur sejuk dan minumlah secara bertahap hingga malam, dan saat sahur. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi munuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau soft drink. Banyak-banyaklah minum air putih.

2. Pilih Makanan yang Tepat
Makanan yang bernutrisi juga sangat penting agar tubuh tidak mudah dehidrasi. Makanlah makanan yang mengandung sayuran dan buah-buahan. Hindari makanan yang terlalu tinggi kandungan lemaknya seperti ayam goreng, kentang goreng atau makanan berlemak lainnya. Kurangi juga makanan pedas dan yang tinggi gula.

Saat berbuka puasa mulailah dengan makan beberapa butir kurma, dan sup ayam hangat. Salad sayuran juga bagus agar terhindar dari konstipasi, baru kemudian dapat diterukan dengan makan berat.

Untuk sahur, makanlah makanan yang tidak terlalu berat, misalnya buah-buahan berserat tinggi atau salad. Pisang yang mengandung potassium tinggi juga baik agar cairan tubuh dapat terjaga lebih lama

3. Jangan Lewatkan Sahur
Jangan lewatkan sahur agar tubuh tidak terlalu cepat mengalami dehidrasi karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Disarankan untuk menyantap sahur mendekati waktu Imsak, kira-kira 30 menit hingga 1 jam sebelumnya.

4. Batasi Aktivitas Fisik
Bagi Anda yang tidak ingin meninggalkan aktifitas fisik seperti olahraga, lakukan penyesuaian selama puasa. Hindari berolahraga pada pagi atau siang hari. Ubahlah jam olahraga Anda menjadi sore atau malam hari, setelah 30 menit hingga dua jam berbuka. Sebelum berolahraga, minumlah 1 hingga 3 gelas air putih, begitu pula sehabis olahraga.
(Samsul Arifin)