sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Menko Polhukam Bantah KRI Pati Unus Tenggelam Karena Dirudal Tiongkok

Menko Polhukam Bantah KRI Pati Unus Tenggelam Karena Dirudal Tiongkok



Jakarta – Kabar tentang tenggelamnya KRI Pati Unus 834 menjadi bahan pembicaraan dan berbagai spekulasi beredar terkait penyebab tenggelamnya kapal perang milik TNI Angkatan Laut ini.

Menko Polhukam Bantah KRI Pati Unus Tenggelam Karena Dirudal Tiongkok

Salah satu kabar yang sempat beredar menyebutkan bahwa KRI Pati Unus tenggelam karena terkena rudal kapal perang milik Tiongkok.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan, KRI Pati Unus 834 tenggelam karena badan kapal menghantam kapal karam saat hendak berlabuh.

“Tidak ada urusan dengan torpedo-torpedoan seperti di sosmed. Tadi saya sudah tanyakan ke (TNI) AL,” bantah Luhut di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

KRI Pati Unus mengalami robek di bagian lambung kapal setelah kecelakaan tersebut.

“Jadi robek, dipinggirkan kapalnya (KRI Pati Unus). Kapal ini kapal tua yang dibeli dari Jerman Timur sekitar tahun 1996,” ucap dia.

Luhut juga menjelaskan bahwa hubungan antara Indonesia dan Tiongkok baik-baik saja dan dia juga menegaskan bahwa tidak ada rudal dari kapal Tiongkok yang menyebabkan KRI Pati Unus tenggelam.

“Tidak benar itu. Hubungan kita dengan China baik-baik saja,” kata Luhut.

Seperti diketahui, KRI Pati Unus 384 tenggelam pada 13 Mei 2016 lalu sekitar pukul 18.15 WIB saat berlayar di wilayah Belawan. Upaya penyelamatan badan kapal dan awak dilakukan hingga pukul 22.25 WIB dengan bantuan dua kapal perang TNI AL.
(Samsul Arifin)