Home » News » Kivlan Zein: PKI Sudah Hadir di Indonesia dan Punya 15 Juta Pendukung

Kivlan Zein: PKI Sudah Hadir di Indonesia dan Punya 15 Juta Pendukung



Jakarta – Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zen mengingatkan bahwa Partai Komunis Indonesia telah bangkit di Tanah Air, bahkan telah membentuk struktur organisasi dari pusat hingga ke daerah dengan 15 juta pendukung.

Kivlan Zein: PKI Sudah Hadir di Indonesia dan Punya 15 Juta Pendukung

“Susunan partai sudah ada, pimpinan Wahyu Setiaji. Dari tingkat pusat sampai daerah,” ujar Kivlan di sela acara Simposium Nasional “Mengamankan Pancasila dari Ancaman Kebangkitan PKI dan Ideologi Lain” di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Menurut Kivlan, kantor lama PKI yang berada di samping hotel Acacia, Jalan Matraman, Jakarta, kabarnya akan segera direnovasi dan diaktifkan kembali.Jalan Matraman, Jakarta.

Kehadiran kembali PKI di Indonesia juga dapat dilihat dengan maraknya kemunculan brosur-brosur propaganda PKI dan terbitnya Majalah Historika.

Kivlan Zein juga menyebutkan, para simpatisan PKI kini telah masuk ke dalam struktur pemerintahan dan wakil rakyat, salah satu nama yang disebut adalah Ribka Tjiptaning.

“Ribka Tjiptaning terang-terangan mengakui dia bangga jadi anak PKI, masuk DPR. Dia sudah bilang itu tugu yang di lubang buaya mau dihancurkan, diomongkan kok, dendam sekali dia,” ucap Kivlan.

Sejumlah pihak oleh Kivlan Zein juga disebut telah memfasilitasi bangkitnya PKI di Indonesia.

“Ada (yang fasilitasi). Menko Polhukam sama Agus Widjojo,” tuturnya.

Namun demikian, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly menganggap keterangan yang diberikan mantan Kepala Staf Kostrad ini hanyalah karangan cerita saja.
(Samsul Arifin)