Home » Gaya Hidup » Berjalan Lebih Efektif Untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Berjalan Lebih Efektif Untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang



Jakarta – Sebuah studi terbaru terkait kesehatan tulang menyebutkan bahwa aktivitas fisik dengan berjalan kaki membantu memaksimalkan kesehatan tulang lebih efektif daripada berenang atau bersepeda.

Berjalan Lebih Efektif Untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Studi yang telah disampaikan pada European Congress of Endocrinology ini mengungkapkan bahwa untuk jangka panjang, berjalan dinilai lebih efektif meningkatkan kesehatan tulang dibanding kegiatan yang tidak menahan beban seperti bersepeda atau berenang.

“Setiap hari, pria dan wanita perlu latihan moderat untuk menjaga kesehatan. Namun, temuan kami menunjukkan bahwa mereka yang memiliki risiko tulang lemah, lebih baik berjalan saja daripada berenang atau bersepeda,” ujar Dr Giovanni Lombardi, penulis utama studi ini.

Hasil studi ini juga sejalan dengan hasil penelitian dari Istituto Ortopedico Galeazzi di Milan. Hasil penelitian ini justru menyebutkan pengendara sepeda balap memiliki risiko lebih tinggi mengidap gangguan pelemahan tulang.

“Karena berjalan memberikan tubuh beban fisik yang lebih tinggi daripada berenang atau bersepeda, bisa jadi kekuatan ini merangsang jaringan tulang untuk memberikan sinyal ke pankreas untuk membantu memenuhi kebutuhan energi dalam jangka panjang,” ujar Lombardi, dikutip dari Science Daily, Kamis (2/6/2016).

Berjalan juga bermanfaat agar tulang sering “berkomunikasi” dengan jaringan dan oragan tubuh yang lain untuk mendorong kebutuhan energi tubuh dan energi tulang. Berjalan juga disebutkan bermanfaat untuk pencegahan penyakit osteoporosis dan diabetes.
(Samsul Arifin)