sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Awal Puasa Akan Disidangkan Pada 5 Juni 2016

Awal Puasa Akan Disidangkan Pada 5 Juni 2016



Jakarta – Penentuan awal puasa tahun ini akan dilakukan dalam sidang isbat yang akan dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia pada Minggu, 5 Juni 2016.

Awal Puasa Akan Disidangkan Pada 5 Juni 2016

Dalam sidang isbat nanti, Kemenag akan menerima laporan penampakan hilal dari beberapa tempat pengamatan di seluruh Indonesia yang telah ditentukan. Laporan tersebut akan disampaikan oleh masing-masing petugas untuk menentukan awal Ramadhan.

“Dari situ kemudian sidang isbat akan menentukan apakah ada yang melihat hilal. Kalau ada, tentunya pada malam itu sudah masuk 1 Ramadhan sehingga besoknya (6 Juni-red) semua berpuasa,” ujar Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat berada di Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2016).

Selain para petugas pengamatan, dalam sidang isbat nanti juga akan diundang perwakilan dari tokoh ulama, ahli ilmu falaq, ahli astronomi, dan yang lainnya untuk melihat hasil laporan dari pengamatan hilal di beberapa tempat tersebut.

“Kalau tidak ada satupun yang melihat hilal, itu artinya kita menggenapkan bulan syakban menjadi 30 hari istikmal, artinya puasa baru lusa (7 Juni-red),” jelas Lukman Hakim.
(Samsul Arifin)