Home » News » Pemerintah Rencana Rumahkan Satu Juta PNS

Pemerintah Rencana Rumahkan Satu Juta PNS



Jakarta โ€“ Dalam rangka melaksanakan program reformasi birokrasi, pemerintah berencana akan merumahkan sekitar 1 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk penghematan biaya rutin pemerintah sekaligus efisiensi.

Pemerintah Rencana Rumahkan Satu Juta PNS

Rencana ini sedang dibahas dalam Rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, hari ini, Selasa (31/5/2016).

“Ini kan 1 juta angka simulasi belum angka fix. Kenapa 1 juta untuk mengurangi beban keuangan negara atas belanja rutin pemerintah yang sudah 33,8 persen,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.

Menurut Yudi, masi banyak daerah yang menggunakan dana daerah untuk belanja pegawai yang hingga mencapai 60 persen.

Pemerintah menargetkan, 80 persen dari daerah tersebut akan diturunkan biaya belanja pegawainya dengan perhitungan, pemerintah pusat di bawah 30 persen, pemerintah provinsi di bawah 35-40 persen, dan pemerintah kota tidak boleh lebih dari 50 persen.

“Ini masih simulasi kebijakan belum menjadi keputusan tapi akan kita laksanakan,” terang Yuddy.

Bagi PNS yang dirumahkan, nantinya akan tetap mendapatkan gaji pokok tiap bulannya, namun tidak mendapatkan uang tunjangan. Misalkan PNS eselon 1 yang menerima gaji pokok Rp 6 Juta dengan tunjangan Rp 14 juta, maka bila ia dirumahkan hanya mendapatkan gaji pokoknya saja sampai masa pensiunnya tiba.

Pemerintah akan memulai program ini tahun depan. Saat ini pemerintah masih menghitung berapa banyak PNS yang akan dirasionalisasi.

“Berapa yang akan dirasionalisasi kita juga jangan gegabah untuk memenuhi asas keadilan. Enggak asal asalan tidak bisa memberhentikan orang asal-asalan,” kata Yuddy.
(Samsul Arifin)