sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Korban Musibah Crane di Masjidil Haram Segera Dapat Santunan Rp 3,5 Miliar

Korban Musibah Crane di Masjidil Haram Segera Dapat Santunan Rp 3,5 Miliar



Riyadh – Setelah menunggu cukup lama akhirnya para WNI yang menjadi korban dalam musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram pada 11 September 2015 lalu kini mendapatkan kepastian bahwa santunan yang dijanjikan oleh Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud segera cair.

Korban Musibah Crane di Masjidil Haram Segera Dapat Santunan Rp 3,5 Miliar

Pengumuman dari pihak Arab Saudi ini disampaikan langsung Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel melalui pernyataan tertulisnya kepada media, Selasa (31/5/2016).

Setelah menunggu sekitar 8 bulan, pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyampaikan konfirmasi bahwa santunan untuk korban crane akan segera dibayarkan.

“Saat ini proses pencairan kompensasi korban musibah crane dalam tahap penyelesaian teknis administratif dan Kementerian Keuangan Arab Saudi siap mencairkannya apabila proses pemeriksaan dan verifikasi data korban rampung. Kita terus upayakan dengan pihak terkait di Arab Saudi dan doakan prosesnya cepat tuntas sehingga bisa segera cair,” kata Maftuh.

Upaya KBRI juga dilakukan selama ini untuk menanyakan realisasi komitmen Raja Arab Saudi terkait pembayaran santunan kepada para korban jatuhnya crane di Masjidil Haram, termasuk saat Dubes RI bertemu dengan Kepala Protokol Istana Kerajaan Arab Saudi (Chief of Royal Protocol), DR. Khalid bin Saleh Al-Abad, di Kantor Diwan Malaki (Royal Court) Istana as-Salam Jeddah.

Kepastian tentang pembayaran santunan semakin jelas setelah Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyampaikan nota diplomatik Nomor: 08/03/307457 tanggal 23 Mei 2016 yang merupakan jawaban atas Nota diplomatik yang disampaikan KBRI Riyadh Nomor: 0884/10/16 tanggal 18 Mei 2016 yang menanyakan kembali terkait pembayaran santunan yang telah dijanjikan.

Seperti diketahui, pada hari Jumat, 11 September 2015, telah terjadi musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram yang mengakibatkan 107 orang meninggal dan 238 orang lainnya luka-luka. Dari korban tersebut, 21 WNI meninggal dan 49 orang menderita luka-luka.

Pada saat itu, Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud langsung memerintahkan untuk membayarkan santunan sebesar SR 1 Juta atau sekitar Rp 3,5 miliar untuk korban meninggal dan cacat permanen, serta SR 500 ribu atau sekitar Rp 1,75 miliar bagi korban luka.
(Samsul Arifin)