Home » News » Serangan Udara Koalisi Tewaskan Komandan ISIS di Fallujah

Serangan Udara Koalisi Tewaskan Komandan ISIS di Fallujah



Fallujah – Komandan kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) untuk wilayah Fallujah, Irak, Maher Al-Bilawi, dilaporkan telah tewas dalam serangan udara yang dilakukan oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS).

Serangan Udara Koalisi Tewaskan Komandan ISIS di Fallujah

Serangan udara terus-menerus yang dilancarakan pasukan koalisi dalam rangka membantu operasi militer yang dilakukan Irak sejak 23 Mei lalu untuk merebut kembali kota Fallujah dari tangan ISIS.

Seperti yang dilaporkan BBC, Sabtu (28/5/2016), pejabat militer AS, Kolonel Steve Warren, mengatakan, lebih dari 20 serangan telah dilancarkan dalam empat hari terakhir untuk menghancurkan posisi para militan dan lokasi persenjataan ISIS.

Sebanyak 50.000 warga sipil masih terjebak di dalam kota Fallujah, beberapa diantaranya telah berhasil meninggalkan kota dengan dibantu militer Irak yang terus mengepung kota ini.

“Kami mendapatkan laporan dramatis tentang peningkatan jumlah eksekusi terhadap pria dan anak laki-laki yang cukup besar, yang menolak bertempur atas nama ISIS,” kata Melissa Fleming, juru bicara Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR).

“Laporan lainnya menyebut, sejumlah orang yang mencoba pergi dari kota itu dieksekusi, atau dicambuk. Seorang dilaporkan diamputasi kakinya,” tambah Fleming.

Pada Juni 2014, Fallujah jatuh ke tangan ISIS lewat serangan besar-besaran yang dilakukan di wilayah utara dan barat Baghdad. Kini, pemerintah Irak berusaha merebut kembali wilayahnya yang jatuh ke tangan ISIS dengan dibantu pasukan koalisi.
(Samsul Arifin)