sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Barack Obama Kunjungi Lokasi Bom Atom Hiroshima

Barack Obama Kunjungi Lokasi Bom Atom Hiroshima



Hiroshima – Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi kota Hiroshima pada Jumat (27/5/2016) untuk mengenang dan menghormati para korban yang meninggal pada saat Amerika Serikat menjatuhkan bom atom ke kota tersebut pada 6 Agustus 1945 saat Perang Dunia II.

Obama Kunjungi Lokasi Bom Atom Hiroshima

Di sana, Barack Obama bersama Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe meletakkan karangan bunga di Tugu Perdamaian yang dibuat unutk mengenang peristiwa bom Hiroshima.

Pada peristiwa tersebut sedikitnya 140.000 orang meninggal dunia di Hiroshima, dan tiga hari sesudahnya, yaitu pada tanggal 9 Agustus 1945 Amerika Serikat kembali menjatuhkan bom atomnya di kota Nagasaki, Jepang, yang menewaskan 74.000 orang.

Shinzo Abe sendiri memuji dan menghargai kunjungan Obama tersebut, karena Barack Obama menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang berkunjung ke Hiroshima. Meskipun sebelumnya Jimmy Carter pernah berkunjung ke kota itu, namun setelah ia tidak lagi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

“Mengunjungi Hiroshima butuh keberanian besar dan Obama telah melakukan itu. Saya terkesan dengan sikapnya tersebut,” ujar Abe.

Sebelumnya, Presiden Barack Obama mengunjungi pangkalan militer Iwakuni yang terletak sekitar 40 km dari Hiroshima, yang dihuni pasukan AS. Di sana, Barack Obama mengingatkan bahwa inilah saatnya kembali mengingat momen bersejarah pada Perang Dunia II dan bagaimana pentingnya menjaga perdamaian dunia.

“Ini adalah peluang untuk menegaskan ulang komitmen kita dalam mempertahankan perdamaian dan keamanan di mana senjata nuklir tak lagi diperlukan,” ujarnya di hadapan para serdadu AS, Jumat (27/5/2016).
(Samsul Arifin)