Home » News » Eksekusi Mati Gelombang Ketiga Setelah Lebaran

Eksekusi Mati Gelombang Ketiga Setelah Lebaran



Jakarta โ€“ Jaksa Agung M. Prasetyo memberitahukan bahwa pelaksanaan eksekusi mati gelombang ketiga baru memasuki tahap persiapan dan koordinasi, sedangkan pelaksanaannya nanti setelah Hari Raya Idul Fitri bulan Juli mendatang.

Eksekusi Mati Gelombang Ketiga Setelah Lebaran

“Kita masih persiapan dan koordinasi. Kalaupun dilaksanakan ya setelah lebaran lah. Masa puasa-puasa (bulan puasa, red) hukuman mati,” ujar Prasetyo di Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (27/5/2016).

Sedangkan terkait terpidana mati bandar narkoba Freddy Budiman, Jaksa Agung mengatakan, bila persidangan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Freddy Budiman sudah selesai maka dia juga akan diikutsertakan dalam daftar terpidana mati yang akan dieksekusi pada gelombang ketiga nanti.

“Ya kalau sudah selesai, alhamdulillah. Kita akan sertakan (Freddy) sekalian. Sekarang dia masih mengajukan PK dan PK dilakukan di Pengadilan Negeri Cilacap. Ternyata pengadilan atas permintaan penasihat hukum minta ditunda 7 hari ke depan. Kita ikutilah itu kan bagian dari permintaan terakhir mereka,” ujar Prasetyo.

Jaksa Agung juga menegaskan bahwa tidak akan ada grasi bagi Freddy Budiman karena putusan hukuman mati yang diterima Freddy dari pengadilan sudah lewat satu tahun.

“Grasi itu dibatasi sekarang satu tahun. Jadi kalau lewat satu tahun dari pengadilan sudah memiliki kekuatan hukum tetap, berarti hak grasi sudah gugur. Seperti Freddy itu sudah gugur, kita tunggu PK-nya saja. Mudah-mudahan tidak ada halangan dan hambatan,โ€ kata Prasetyo.
(Samsul Arifin)