sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Polisi Ungkap Penjualan Daging Sapi Yang Dioplos Daging Babi

Polisi Ungkap Penjualan Daging Sapi Yang Dioplos Daging Babi



Surabaya – Pihak kepolisan Surabaya berhasil mengungkap penjualan daging sapi yang dicampur dengan daging babi di sebuah pasar di Surabaya.

Polisi Ungkap Penjualan Daging Sapi Yang Dioplos Daging Babi

“Ada laporan dari masyarakat yang mengatakan bahwa ada penjualan daging sapi dicampur daging babi di Pasar LMKK Semolowaru, Sukolilo. Kami langsung menyelidikinya,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan, Kamis (26/5/2016).

Menurut Prabowo, kios yang digerebek polisi tersebut milik Sariyah, yang mengaku telah melakukan aksi penipuan ini sejak satu tahun terakhir.

“Tersangka membeli daging sapi dan babi di Pasar Mangga Dua Jagir,” kata Prabowo.

Tersangka membeli daging sapi seharga Rp 92 ribu per kg, sedangkan daging babi dibelinya dengan harga Rp 70 ribu per kg. daging yang dibeli tersebut lantas dicampur dengan takaran 13 kg daging sapi dioplos dengan 10 kg daging babi. Daging yang telah dicampur itu kemudian dijual di pasar dengan harga Rp 96 – 100 ribu per kg.

“Dalam satu hari tersangka bisa menjual sebanyak sekitar Rp 20 kg daging oplosan itu,” lanjut Prabowo.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 86 ayat 2 jo pasal 1 angka 5 UU RI No. 18 tahun 2012 tentang pangan dan atau pasal 62 ayat 1 atau 2 jo pasal 8 ayat 1 huruf d UU RI No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan atau pasal 91 A jo pasal 58 ayat 6 UU RI No.41 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No.18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara atau denda sebesar Rp 10 miliar.
(Samsul Arifin)