sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi



Surabaya – Pihak kepolisian Surabaya baru saja mengungkap penjualan daging sapi yang dicampur dengan daging babi di sebuah pasar di Sukolilo, Surabaya.

Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

Menurut tersangka, ia telah menjual daging oplosan tersebut sejak satu tahun terakhir ini dengan omset perharinya mencapai 20 kg.

Tentu saja hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, apalagi saai ini telah mendekati bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang tentu saja kebutuhan akan daging meningkat.

Menurut Staf Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Nuriah, masyarakat tidak perlu khawatir karena daging sapi dan daging babi mudah untuk dibedakan.

“Secara kasat mata dan lewat bau, bisa dibedakan kok,” ujar Nuriah saat berada di Polda Jatim, Kamis (26/5/2016).

Nuriah menerangkan, warna daging sapi merah cerah, baunya khas daging sapi, dan mempunyai serat daging yang terlihat jelas dan kasar. Sementara untuk daging babi, berwarna merah pucat (agak keputihan), berbau amis, dan serat daging terlihat lebih halus.

Daging celeng mempunyai ciri-ciri yang hampir mirip dengan daging sapi dengan warna merah yang mendekati warna merah daging sapi, baunya amis, dan mempunyai serat yang mendekati serat daging sapi.

Satu lagi yang membedakan yaitu harga. Bila harganya agak jauh dari harga pasar, masyarakat harus waspada.

“Bila menemukan kecurigaan seperti itu, masyarakat bisa melapor ke polisi atau ke kami,” tandas Nuriah.
(Samsul Arifin)