sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Perppu Hukuman Kebiri Mulai Berlaku Hari Ini

Perppu Hukuman Kebiri Mulai Berlaku Hari Ini



Jakarta – Menkum HAM Yasonna Laoly menjelaskan tentang Perppu nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang baru saja ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Perppu Hukuman Kebiri Mulai Berlaku Hari Ini

Dalam Perppu yang baru ini, pelaku kejahatan seksual terhadap anak akan mendapatkan hukuman tambahan yaitu, pelakunya diumumkan ke publik sebagai hukuman sosial, pemasangan chip atau data elektronik, kebiri, hukuman seumur hidup, bahkan hukuman mati.

Namun hukuman di atas tidak berlaku bagi pelaku yang masih di bawah umur.

“Anak-anak tidak, ini kan orang dewasa yang melakukan terhadap anak-anak. Karena Ada UU Perlindungan Anak, itu beda,” jelas Yasonna, Rabu (25/5/2016).

Menkum HAM juga menegaskan Perppu ini berlaku mulai sekarang sejak ditandatangani oleh Presiden. Nantinya DPR akan membahasnya agar dinaikkan menjadi Unadang-Undang.

“Ini tidak berlaku surut. Sejak ini akan berlaku. Tapi nanti kita akan bahas di DPR. Presiden akan segera mengirim kami ke DPR,” tambah Yasonna.
(Samsul Arifin)