Home » News » Orang Paling Kaya di Rusia Ini Tidak Ingin Wariskan Harta Kepada Anaknya

Orang Paling Kaya di Rusia Ini Tidak Ingin Wariskan Harta Kepada Anaknya



Moskow – Warisan harta kepada anak biasanya akan dipikirkan orang tua sejak jauh-jauh hari, apalagi bila sang orang tua mempunyai banyak perusahaan dan harta. Namun aturan seperti ini tidak berlaku bagi Mikhail Fridman, orang terkaya nomor dua di Rusia.

Orang Paling Kaya di Rusia Ini Tidak Ingin Wariskan Harta Kepada Anaknya

Pebisnis Yahudi kelahiran Ukraina ini memiliki empat orang anak, namun harta yang dimilikinya tidak akan diwariskan kepada keempat anaknya, namun Fridman memutuskan untuk mewarikan kekayaan senilai USD 14,2 miliar atau sekitar Rp 194,2 triliun tersebut kepada badan amal.

Miliarder berusia 52 tahun memiliki banyak perusahaan di bidang perbankan, media, dan minyak. Fridman mendirikan Alfa Group pada tahun 1989 bersama dua orang sahabat di masa kuliahnya, German Khan dan Alexei Kuzmichev. Trio miliarder ini membeli Tyumen Oil dari negara Rusia pada akhir 1990-an.

Alfa Group juga memiliki anak perusahaan seperti Alfa Bank, serta X5 Retail Group, yang menguasai rantai supermarket di Rusia. Fridman juga merupakan pemilik dari A1 TV Channel dan kelompok investasi LetterOne yang memiliki serangkaian ladang minyak.

Fridman juga diketahui terlibat dalam investasi layanan transportasi Uber senilai USD 200 juta pada tahun ini.

Mikhail Fridman dalam sebuah forum pernah mengatakan, dia tidak ingin anaknya bekerja di bisnis yang ia rintis. Ia lebih senang anaknya menciptakan sesuatu sendiri dalam hidup mereka. Fridman juga berpikir, meninggalkan harta warisan kepada anak-anaknya justru akan merusak kehidupan mereka.

”Saya dapat mengatakan bahwa saya akan mentransfer semua uang saya untuk amal. Saya tidak berencana untuk mentransfer uang ke anak-anak saya,” kata Mikhail Fridman,seperti dikutip dari IB Times, Selasa (24/5/2016).
(Samsul Arifin)