sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Techno » Google Ngemplang Pajak?

Google Ngemplang Pajak?



Jakarta – Kantor perwakilan Google di Paris, Prancis, didatangi polisi dan petugas pajak setempat pada Selasa (24/5/2016) pagi karena perusahaan raksasa internet ini dikabarkan enggan membayar pajak yang telah dikonfirmasikan sebelumnya.

Google Ngemplang Pajak?

Otoritas pajak di Prancis sebelumnya telah meminta Google untuk membayar pajak beserta dendanya sebesar USD 1,12 miliar atau sekitar Rp 15,2 triliun, namun Google tidak juga memberikan respon.

Juru bicara Google menyatakan, pihaknya tidak mempunyai masalah dengan pajak dan akan berkomunikasi dengan pemangku kebijakan di Prancis terkait masalah ini.

“Kami mematuhi hukum pajak di Prancis, seperti di negara-negara lain. Kami bekerja sama sepenuhnya dengan pihak berwenang untuk menjawab pertanyaan mereka,” kata juru bicara Google.

Sebelumnya, pada tahun 2011 lalu Google juga pernah berurusan dengan pemerintah Prancis karena diduga telah melakukan transfer bisnis di Prancis ke Irlandia.

Di Indonesia, Google juga bermasalah terkait masalah pajak karena Google Indonesia belum menjadi Badan Usaha Tetap (BUT) sehingga belum menjadi wajib pajak. Karena itu semua transaksi bisnis Google yang dilakukan di Indonesia tidak mempunyai pengaruh sama sekali terhadap pendapatan negara, padahal transaksi bisnis periklanan di dunia digital pada tahun 2015 mencapai USD 850 juta atau sekitar Rp 11,6 triliun.
(Samsul Arifin)