sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Menghitung Peluang PDIP Usung Ahok

Menghitung Peluang PDIP Usung Ahok



Jakarta – Siapa pilihan PDIP yang akan dimajukan sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada DKI 2017 masih menjadi tanda tanya karena sampai sekarang belum ada desas-desus atau bocoran terkait jagoan dari PDIP nanti.

Menghitung Peluang PDIP Usung Ahok

Direktur Eksekutif Poltracking Institute Hanta Yuda mencoba berhitung seberapa besar kemungkinan PDIP akan mendukung Ahok kembali.

Menurut Hanta Yuda, PDI-P akan menggunakan kalkulasi politik realistis, sehingga partai politik berlambang kepala banteng ini akan mengusung calon yang mempunyai angka elektabilitas tinggi.

“Untuk saat ini kan dari segi elektabilitas Ahok masih yang tertinggi, kalau dibandingkan dengan yang lainnya dia masih menang jauh,” ujar Hanta, Selasa (24/5/2016).

Kemungkinan PDIP menggunakan kalkulasi politik realistis ini karena PDIP tentu saja ingin mengamankan suaranya pada Pemilu Legislatif pada 2019 mendatang.

“PDI-P kan sekarang mendominasi perolehan kursi di DPRD DKI Jakarta, pastinya mereka juga tidak mau kehilangan itu di Pemilu Legislatif 2019. Salah satu cara yang paling memungkinkan, ya dengan mengusung Ahok lagi di Pilgub DKI 2017,” ujar Hanta.

“Yang harus diingat oleh PDI-P ialah pemilih mereka di Pemilu Legislatif 2014 hampir semuanya pemilih Jokowi-Ahok di Pilgub DKI 2012,” tambah Hanta.

Nama Ahok diketahui memang masuk dalam survei internal PDIP. Namun demikian hasil survei tersebut tidak diumumkan kepada publik.

“Survei tidak etis jika kami ungkapkan ke luar. Karena kami harus menghormati 34 bakal calon yang sudah mendaftar,” ujar Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristianto saat berada di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (21/5/2016).
(Samsul Arifin)