Home » Sport » Pelita Jaya Lolos ke Final IBL 2016

Pelita Jaya Lolos ke Final IBL 2016



Jakarta – Pelita Jaya akhirnya memastikan diri lolos ke final Indonesian Basketball League (IBL) musim 2016 setelah mengalahkan M88 Aspac Jakarta di semifinal dengan skor 60-58.

Pelita Jaya Lolos ke Final IBL 2016

Pada pertandingan yang diadakan di Britama Arena, Minggu (22/5/2016), ini Kapten tim Pelita Jaya Kelly Purwanto menjadi pahlawan bagi Pelita Jaya berkat tembakan dua angkanya saat buzzer beater berbunyi.

Kedua tim turun dengan komposisi terbaiknya. Pelita Jaya menurunkan Kelly Purwanto (kapten), Dimas Aryo Dewanto, Ponsianus Nyoman Indrawan, Adhi Pratama, dan Brandon Jawato sebagai lima pemain inti.

Sedangkan M88 Aspac Jakarta menurunkan Fandika Andika Ramadhani (kapten), Oki Wira Sanjaya, Andakara Prastawa Dhyaksa, Fidyan Dini, dan Ferdinand Damanik.

Kelly Purwanto menjadi pembuka dan penutup angka di pertandingan semifinal ini.

Di kuarter pertama, Pelita Jaya unggul tipis 11-10. Di kuarter kedua yang tetap berjalan seimbang dengan saling menghasilkan poin diakhiri dengan keunggulan Pelita Jaya 31-28.

Di kuarter ketiga, masing-masing tim mampu menjaga ritme permainannya meskipun Aspac tampil lebih menekan. Pelita Jaya tetap unggul 44-41 di kuarter ini.

Memasuki kuarter keempat, permainan semakin seru karena masing-masing tim ingin saling mengejar dan menghasilkan poin. Di sisa 47 detik, Aspac berhasil memperkecil jarak menjadi 56-58 lewat Rizki Effendi setelah mendapatkan umpan dari Prastawa. Di 35 detik terakhir, Fedinand Damanik menyamakan kedudukan menjadi 58-58. Namun kemudian Kelly Purwanto mengakhiri perlawanan Aspac lewat tembakan dua angkanya di detik-detik akhir.

Andakara Prastawa Dhyaksa menjadi penghasil poin terbanyak bagi Aspac dalam pertandingan ini dengan 26 poin, sedangkan Ponsianus Nyoman Indrawan menjadi top skor bagi Pelita Jaya dengan 11 poin.

“Game yang tidak mudah, saya salut dengan strategi lawan hari ini. Tapi saya bersyukur kami bisa lolos ke babak final. Hari ini saya juga memberi kredit kepada Kelly. Ia dan juga Faisal, secara bergantian dapat menjaga keseimbangan tim ini,” kata pelatih Pelita Jaya Benjamin Alvarezsipin.

Babak final IBL 2016 nanti akan menggunakan sistem the best of three, game pertama akan di mainkan pada hari Kamis (26/5/2016) di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta.
(Samsul Arifin)