Home » Travel & Kuliner » Kopi Blangkon, Kolaborasi Kopi dan Bumbu Dapur

Kopi Blangkon, Kolaborasi Kopi dan Bumbu Dapur



Bondowoso – Apa jadinya bila secangkir kopi dicampur dengan bumbu dapur seperti kunyit, jahe, kayu manis, jeruk purut, atau serai? Itu hanya bisa ditemui Nine Coffee Roastery di Jalan Brigol Sudarlan Nomor 266, Bondowoso, Jawa Timur.

Kopi Blangkon, Kolaborasi Kopi dan Bumbu Dapur

Oleh pemiliknya, Riswanda, kopi dengan cita rasa bumbu dapur ini diberi nama Kopi Blangkon.

Saat ditemui di acara deklarasi Bondowoso sebagai Republik Kopi yang bertempat di Sempol, Sabtu (21/5/2016), Riswanda menjelaskan, ide awal dari Kopi Blangkon ini adalah dirinya ingin menyajikan secangkir kopi yang rasanya tidak terlalu pahit karena tidak semua penikmat kopi menyukai rasa pahit.

“Kita tambah rempah-rempah, satu untuk kesehatan dan dua untuk cita rasa kopi itu sendiri,” ujar Rismawan.

Kopi Blangkon ini diseduh dengan cara V60 yakni dengan menyaring ampas dengan menggunakan filter kertas khusus sehingga menghasilkan secangkir kopi yang ringan dan bebas ampas.

Setelah kopi diseduh, kemudian dimasukkan rempah-rempah yang diperlukan yang sebelumnya telah dikupas dan dibersihkan. Untuk menambah rasa, dituangkan sedikit sirup vanilli yang harum dan manis.

Secangkir Kopi Blangkon dapat dinikmati dengan hanya mengeluarkan uang Rp 7000.

Selain Kopi Blangkon, di Nine Coffee Roastery ini juga menyediakan Kopi Ijen, Gayo, Lintong, dan kopi dari daerah Indonesia lainnya.
(Samsul Arifin)