sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Cara Membuat Sambal Tempe Pedas

Cara Membuat Sambal Tempe Pedas



Jakarta – Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Makanan berbahan baku kedelai ini paling nikmat bila dimakan dengan dicampur sambal, atau yang di wilayah Pulau Jawa terkenal dengan nama Tempe Penyet.

Cara Membuat Sambal Tempe Pedas

Selain digoreng tersendiri, tempe juga dapat dilebur dengan sambal sehingga menjadi sambal tempe yang tentunya akan nikmat sekali bila dimakan dengan ditemani nasi hangat.

Berikut cara membuat sambal tempe pedas yang lezat.

Siapkan Bahan
200 gr tempe, 1 sdt garam, 2 siung bawang putih, 1 cm kencur, 5 buah cabai merah keriting, 3 buah cabai rawit merah, 1/2 sdt terasi, daun kemangi untuk pelangkap, dan minyak untuk menumis.

Goreng Tempe
Iris tipis tempe yang telah disiapkan dengan ukuran sedang. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga kecokelatan dan kering lalu tiriskan.

Tumis bumbu
Goreng sebentar bawang merah, bawang putih, kencur, cabai dalam minyak panas sampai layu. Angkat dan tiriskan.

Campurkan bahan
Ulek bumbu yang sudah ditumis. Tambahkan terasi dan garam. Terakhir, masukkan tempe goreng atau bakar. Memarkan sambil aduk dengan sambalnya hingga rata. Sajikan dengan kemangi.
(Samsaul Arifin)