sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Barack Obama Tak Akan Minta Maaf Soal Bom Atom Hiroshima

Barack Obama Tak Akan Minta Maaf Soal Bom Atom Hiroshima



Tokyo – Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang akan berkunjung ke Jepang dalam kaitannya untuk menghadiri KTT G7 menegaskan tidak akan meminta maaf soal keputusan Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945 silam.

Barack Obama Tak Akan Minta Maaf Soal Bom Atom Hiroshima

Pernyataan tersebut disampaikan Barack Obama dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Jepang NHK, Minggu (22/5/2016).

“Tidak (akan meminta maaf), sebab saya pikir penting diingat bahwa di masa perang, para pemimpin memang harus membuat keputusan seperti itu,” ujar Obama.

“Ini adalah tugas para sejarawan untuk mempertanyakan dan meneliti masalah ini, tetapi saya yang sudah menjadi presiden selama 7,5 tahun paham bahwa para pemimpin membuat keputusan sulit khususnya di saat perang,” tambahnya.

Seperti diketahui, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom pertama di dunia ke kota Hiroshima (6 Agustus 1945) yang mengakibatkan 140.000 orang tewas, dan ke Nagasaki (9 Agustus 1945) yang menewaskan 74.000 orang.

Peristiwa ini menjadi penyebab berakhirnya Perang Dunia II dengan menyerahnya Jepang kepada sekutu.

Di sela-sela kunjungan Presiden Barack Obama menghadiri KTT G7 di Jepang, Obama direncanakan akan berkunjung juga ke kota Hiroshima.

“Tujuan saya bukan hanya sekadar mengenang masa lalu tetapi untuk memastikan bahwa orang tak berdosa yang tewas dalam perang, di kedua sisi, bahwa kita sudah melakukan apapun untuk menciptakan perdamaian di dunia dan memperjuangkan dunia tanpa senjata nuklir,” kata Obama.
(Samsul Arifin)