Home » Gaya Hidup » Ponsel Bisa Sebabkan Anak Terlambat Bicara

Ponsel Bisa Sebabkan Anak Terlambat Bicara



Jakarta – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ponsel dan perangkat elektronik lainnya seperti tablet atau game ternyata dapat membuat anak menjadi lebih lambat perkembangannya untuk dapat berbicara.

Ponsel Bisa Sebabkan Anak Terlambat Bicara

Penelitian dilakukan selama 1,5 tahun dengan melibatkan 26 pasangan orang tua dan anak (berusia 10-16 bulan) yang diminta untuk bermain bersama sang buah hati selama 215 menit selama tiga hari dengan aktivitas yang berbeda-beda.

Para responden ini diminta untuk melakukan tiga bagian kegiatan yang masing-masing durasinya selama 30 menit. Permainan pertama dengan menggunakan buku, kedua dengan menggunakan puzzle, ketiga bermain dengan menggunakan handphone dan tablet.

Buku yang digunakan adalah buku bergambar hewan, warna , dan bentuk bangunan. Untuk puzzle digunakan puzzle dari bahan kayu dalam ragam bentuk dan ukuran. Sedangkan permainan dari alat elektronika terdiri berbagai macam warna dan dapat mengeluarkan bunyi.

Hasil studi menunjukkan, permainan dengan menggunakan buku dan puzzle memberikan respon paling positif terkait perkembangan kemampuan anak dalam berbicara karena kedua permainan memungkinkan komunikasi antara orang tua dan anak.

Sedangkan untuk permainan dengan menggunakan alat elektronika, anak hanya terkesima dengan berbagai macam warna dan bunyi, tanpa merangsang kemampuan anak dalam berbicara. Tidak ada komunikasi signifikan antara anak dan orang tua sehingga tidak menstimulasi memori anak untuk mengingat kosa kata.
(Samsul Arifin)