Home » News » Ribuan Umat Budha Berjalan Kaki ke Candi Borobudur Jelang Hari Raya Waisak

Ribuan Umat Budha Berjalan Kaki ke Candi Borobudur Jelang Hari Raya Waisak



Magelang – Ribuan umat Budha yang datang dari berbagai daerah di Tanah Air berjalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur dalam rangka melakukan kirab yang merupakan salah satu prosesi dalam memperingati Hari Raya Suci Waisak 2560 BE/2016.

Ribuan Umat Budha Berjalan Kaki ke Candi Borobudur Jelang Hari Raya Waisak

Kirab yang dilakukan pada Sabtu (21/5/2016), diikuti oleh ribuan umat Budha dan biksu dari Candi Mendut, melintasi Candi Pawon menuju Candi Borobudur dengan jarak kurang lebih tiga kilometer.

Prosesi kirab ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum Wali Umat Bu‎ddha Indonesia (Walubi) Siti Hartati Murdaya Phoo dengan diikuti barisan pembawa bendera merah putih di belakangnya.

Dalam barisan kirab juga membawa api dharma yang diambil dari Mrapen, Groboban, Purwodadi, dan air suci yang diambil dari Umbul Jumprit, Temanggung.

Tidak ketinggalan pula barisan yang membawa gunungan yang terdiri hasil bumi seperti buah-buahan, sayur-sayuran serta padi.

Para biksu yang berada di atas mobil memercikkan air suci kepada umat Budha serta penonton yang berdiri di pinggir jalan yang dilalui peserta kirab.

Setelah sampai di Candi Borobudur, api dharma, air suci dan gunungan yang dibawa lantas diletakkan di atas altar yang telah disiapkan di halaman Candi Borobudur.
(Samsul Arifin)