Home » Ekonomi & Bisnis » Perusahaan Rusia Akan Bangun Kilang Minyak di Tuban

Perusahaan Rusia Akan Bangun Kilang Minyak di Tuban



Sochi – Perusahaan migas asal Rusia, Rosneft, dikabarkan akan segera membangun kilang minyak di Tuban dengan nilai investasi mencapai USD13 miliar.

Perusahaan Rusia Akan Bangun Kilang Minyak di Tuban

Hal ini diutarakan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno seusai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan CEO Rosneft Igor Sechin di ruang pertemuan Hotel Radisson Blu, Sochi, Jumat (20/5/2016).

Dalam pertemuan tersebut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto.

“Tiga belas miliar pada dasarnya full kilang grass root refinery, yang produksi BBM, yaitu solar dan nafta yang proses lebih lanjut ke aromatic dan petro chemical,” kata Rini ditemui di Sochi, Rusia usai mendampingi Presiden Jokowi kepada Antara, Jumat (20/5/2016).

Kesepakatan kerjasama tersebut rencananya akan ditandatanagni pada Kamis pekan depan, 26 Mei 2016, untuk melakukan studi seismic sehingga diketahui kilang yang sesuai dengan kontur tanah di Tuban.

“Kita targetkan dapat pembangunan full 2018. Presiden tekankan harusnya bisa dilakukan di akhir 2017. Mereka beri janji kepada Presiden, akan kerja sekeras mungkin untuk bisa capai yang diharapkan,” lanjut Rini.

Selain kesepakatan tersebut, Rusia juga berjanji kepada Pertamina untuk dapat ikut berpartisipasi dalam pengelolaan ladang-ladang minyak di Rusia dengan menyiapkan 2-3 ladang minyak bagi Pertamina.
(Samsul Arifin)