sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Gunung Sinabung Keluarkan Awan Panas, 3 Orang Tewas

Gunung Sinabung Keluarkan Awan Panas, 3 Orang Tewas



Medan – Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali aktif dengan mengeluarkan awan panas pada Sabtu (21/5/2016) sore WIB yang mengakibatkan tiga orang tewas dan empat orang dalam kondisi kritis.

Gunung Sinabung Keluarkan Awan Panas, 3 Orang Tewas

“Tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi korban. Korban telah dibawa ke rumah sakit. Beberapa rumah terbakar akibat terlanda awan panas dalam kejadian Sabtu pukul 16.48 WIB. Pencarian korban akan dilanjutkan besok pagi dengan memperhatikan kondisi aktivitas erupsi Gunung Sinabung,” jelas Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/5/2016).

Ketujuh orang korban adalah warga Desa Gamber Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo yang sedang melakukan aktivitas berkebun di ladangnya.

Menurut Sutopo, Desa Gamber yang terletak di radius 4 kilometer dari puncak Gunung Sinabung termasuk dalam wilayah zona merah yang seharusnya dikosongkan dan tidak boleh melakukan aktivitas di sana.

“Sebagian besar warga Desa Gamber telah mengungsi sejak lama dan rencana akan direlokasi mandiri. Masyarakat Gamber telah diberikan bantuan sewa lahan pertanian dan sewa rumah oleh Pemerintah agar tidak melakukan aktivitas di zona merah. Namun demikian ada sebagian masyarakat yang tetap nekat melakukan aktivitas pertanian di kebunnya meskipun telah dilarang aparat,” ujar Sutopo.

“Masyarakat dan pengunjung diminta tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan masyarakat dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur laut Gunung Sinabung agar dievakuasi ke lokasi yang aman. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” pungkas Sutopo.
(Samsul Arifin)