sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Resep Pancake Sederhana Praktis

Resep Pancake Sederhana Praktis



Jakarta – Pancake merupakan salah satu sajian yang istimewa yang hadir di seluruh negara dengan berbagai macam variasinya yang benar-benar menggugah selera.

Resep Pancake Sederhana Praktis

Selain itu, dengan dasar resep adonan pancake sederhana yang mudah tanpa mixer ini kita juga bisa menjadikannya sebagai salah satu menu favorit untuk teman sarapan atau bekal yang praktis.

Berikut cara membuat pancake yang enak dan mengembang atau kue dadar dengan adonan dasar yang sederhana bertekstur empuk dan lembut serta takaran yang pas untuk menu sarapan keluarga kecil bahagia.

Bahan dasar untuk adonan pancake

– 100 gram tepug terigu
– 30 gram gula pasir
– 1 sdm tepung maizena
– 1 sdt baking powder
– 1/4 sdt garam
– 1 butir telur
– 100 ml susu cair
– 1 sdm olive oil atau minyak sayur

Cara Membuat Pancake Enak Praktis

1. Campurkan terigu, gula pasir, tepung maizena, garam dan baking powder dalam sebuah wadah, aduk rata.
2. Kocok lepas telur menggunakan kocokan telur atau whisk dalam wadah terpisah (cukup aduk untuk mencampurkan kuning dan putih telur dengan sedikit buih), tambahkan susu lalu aduk rata. Masukkan campuran tepung secara bertahap (2-3 tahap) dan aduk rata.
3. Masukkan olive oil lalu aduk rata lagi sebentar saja, terkadang memasukkan olive oilnya nanti sesudah adonan didiamkan. Tutup wadah dengan plastik dan diamkan adonan sekitar 10 menit, aduk rata lagi nanti saat mau didadar.
4. Panaskan wajan datar anti lengket di atas api sedang. Bila perlu atau wajan terlalu panas bisa diletakkan di atas lap basah sebentar untuk sedikit mendinginkan bagian pantat wajan kemudian letakkan lagi di atas kompor dengan api kecil saja.
5. Tuang 1 sendok adonan di tengah wajan dan biarkan hingga berbentuk bulat dan mengembang. Masak di atas api kecil sampai timbul gelembung-gelembung udara di permukaan pancake serta berwarna kecoklatan di bagian bawah dengna cara diintip sedikit.
6. Balikkan dengan spatula, angkat setelah matang dan sajikan dengan aneka topping sesuai selera, seperti keju, sirup, madu atau yang lainnya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)