Home » News » Aparat Malaysia Tangkap Seorang Anggota ISIS Yang Adalah Teknisi Pesawat

Aparat Malaysia Tangkap Seorang Anggota ISIS Yang Adalah Teknisi Pesawat



Kuala Lumpur – Aparat keamanan Malaysia telah menangkap seseorang yang diketahui mendukung Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dengan secara aktif menuliskannya lewat akun Facebook.

Aparat Malaysia Tangkap Seorang Anggota ISIS Yang Adalah Teknisi Pesawat

Tersangka yang tidak disebutkan namanya ini adalah seorang teknisi pesawat senior yang bekerja di sebuah perusahaan jasa perawatan pesawat khusus di Malaysia, seperti dituliskan Ibtimes, Jumat (20/5/2016).

Pria berusia 49 tahun adalah mantan insinyur penerbangan Royal Malaysian Air Force, perusahaan penerbangan yang biasa melayani para petinggi politik dan perusahaan ternama di Malaysia.

Menurut South China Morning Post, pria ini bertanggungjawab untuk memastikan apakah sebuah pesawat telah aman untuk terbang.

β€œDia adalah orang yang memberi lampu hijau apakah sebuah pesawat aman untuk lepas landas atau tidak,” tulis media tersebut.

β€œIa dikenal karena secara aktif mendukung ISIS melalui akun Facebook-nya,” kata seorang pejabat Malaysia.

“Dia telah menunjukkan video ISIS di telepon genggamnya kepada teman-temannya dengan tujuan mempromosikan ISIS,” tambah pejabat tersebut.

Sejauh ini, petugas kepolisian Malaysia telah menangkap 160 orang yang diduga anggota ISIS dan mendukung ISIS.

Sebanyak 19 orang warga Malaysia juga diketahui telah tewas di Itrak dan Suriah saat berjihad bersama ISIS. Beberapa diantaranya bahkan adalah pelaku bom bunuh diri.
(Samsul Arifin)