Home » Hiburan » Salah Satu Trend Anak Muda Yang Berdampak Buruk

Salah Satu Trend Anak Muda Yang Berdampak Buruk



Jakarta – Trens melubangi tubuh atau tindik (piercing) saat ini memang sedang populer sekali di kalangan anak muda zaman sekarang, terutama dibagian negara barat yaitu Amerika Serikat.

Salah Satu Trend Anak Muda Yang Berdampak Buruk

Bagian tubuh yang paling sering sering menjadi lahan tindik adalah bagian mulut seperti bibir, lidah, pipi, dan uvula yaitu bagian dibelakang tenggorokan. Karena dengan beralasan gaya anak muda, mereka rela melubangi atau menindik bagian tubuh tertentu.

Trens ini juga sudah masuk ke Indonesia sejak dulu, meski tak sepopuler di negara barat, sudah banyak anak muda yang melakukan piercing atau tindik terutama di bagian lidah.

Nah, tahukah bahaya apa yang akan anda terimas setelah melakukan piercing atau menindik lidah tersebut? Sebelum anda nekat untuk menindik lidah anda, baiknya anda membaca penjelasan sisi dunia berikut ini. Banyak orang yang tak sadar betapa besar resiko yang akan di timbulkan dari menindik lidah. Mungkin jika mereka mengerti, pasti mereka tidak akan melakukan tindik lidah.

Berikut resiko yang akan anda terima setelah melakukan tindik lindah, daftar dibawah ini merupakan rangkuman yang didapat sisi dunia dari berbagai informasi terkait hal ini.

1. Pendarahan yang berlebihan

Hal pertama yang bakal terjadi ketika melakukan tindik lidah adalah pendarahan. Lidah merupakan tempat yang tak lazim di tindik, dan jika dilakukan akan menyebabkan pendarahan serta bisa berakibat fatal seperti infektsi hingga berujung sulit bicara dan bernafasan.

2. Gangguan bicara

Lidah merupakan salah indra pengucap yang sangat penting, ketika lidah litusuk dan di lubangi atau di tindik, lidah akan mengalami kerusakan hingga akhirnya orang akan kesultan berbicara karena lidah teganjal oleh logam tindik dan bisa menyebabkan kerusakan saraf pada lidah.

3. Inveksi bakteri dan virus

Seperti yang telah di jelaskan diatas dimana di dalam mulut terdapat berjuta-juta bakteri, dan hal itu akan semakin buruk ketika di dalam mulut atau lidah terdapat logam asing tindik. Jika logam tindik yang digunakan tidak steril, maka resiko terjadi infeksi juga akan lebih besar. Belum juga jika logam tersebut bekas dipakai oleh penderita HIV, HIV akan ikut menular melalui tindik tersebut.

4. Hepatitis dan HIV

Peralatan tindik yang tidak melalui strelisasi dengan benar dapat menularkan HIV kepada orang yang di tindik. Mengetahui akan bahaya tersebut, baiknya anda urungkan niat anda untuk mentindik lidah.

5. Tindik lidah menyebabkan chip, retak atau patah pada tulang gigi

Mereka yang menindik lidah bisa berakhir dengan retaknya gigi, gigi akan menjadi keropos dan pudah patah. Gigi pada bagian depan juga akan mudah aus karena selalu bergesekan dengan logam tindik tersebut.

6. Kerusakan pada gusi

Tindik lidah tidak hanya merusak lidah dan gigi saja, namun juga akan merusak gusi. Tindik lidah barbel akan bergesekan dengan gusi yang dapat mneyebabkan gusi gigi sensitif. Hal ini lama-kelamaan akan mengitasi gusi hingga menyebabkan kerusakan gigi atau resesi gusi, gusi tak akan mampu menahan gigi dan gigi menjadi rontok.

7. Tindik tertelan

Bahaya lainnya adalah kemungkinan tindik bisa tertelan. Barbel tindik bisa di buka dan di tutuk kembali. Barbel ini bisa saja tertelan dan menyangkut diparu-paru anda. Jika hal ini teradi bisa dibayangakn betapa mengerikanya hal itu.

8. Pembengkakan otak

Para dokter mengatakan bahwa tindik dilidah meningkatkan resiko pembengkakan otak. Sebuah arsip neurology melaporkan dimana seorang laki-laku berusia 22 tahun meninggal dunia akibat mengami pembengkakan otak setelah beberapa minggu menindik lidah.

9. Infeksi dan kematian

Pembuluh darah utama menghubungan lidah, otak dan bagian tubuh lainnya. Rusaknya pembuluh darah tersebut dapat menyebabkan infeksi yang menyebar ke organ vital. Dan jika hal ini terjadi akan menyebabkan kematian.

10. Infeksi jantung

Tindik lidah akan menjasi sarang bakeri yang kemudian bakteri tersebut mengalir bersama darah yanga khirnya menyebabkan infeksi berat seperti Angina ludwig dan Endokarditis.

Angina ludwig merupakan infeksi akut yang disebabkan oleh kuman streptokokus yang menginfeksi lapisan dalam dasar mulut, yang ditandi dengan pembengkakan yang menutup saluran pernafasan. Sedangkan Endokarditis adalah infeksi pada endokardium (lapisan dalam jantung) atau peradangan serius pada katup jantung yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan bakteri oral dapat masuk kedalam aliran darah melalui luka dilidah dan membuka jalan menuju jantung.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.
(Freddy Julio – sisidunia.com)