sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Menkopolhukam: TNI AD Akan Dilibatkan Dalam Penggalian Kuburan Massal

Menkopolhukam: TNI AD Akan Dilibatkan Dalam Penggalian Kuburan Massal



Jakarta – Pemerintah sepertinya serius akan melakukan penggalian kuburan massal korban tragedi 1965. Hal ini dibuktikan dengan diajaknya TNI AD oleh Menkopolhukam untuk mengidentifikasi 122 titik yang diduga merupakan kuburan massal.

Menkopolhukam: TNI AD Akan Dilibatkan Dalam Penggalian Kuburan Massal

Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam proses pembentukan tim verifikasi data yang telah diserahkan oleh Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan (YPKP) 1965 beberapa waktu lalu.

Menurut Luhut, TNI AD akan dilibatkan langsung dalam proses identifikasi dan pembongkaran kuburan massal tersebut.

“Soal kuburan massa masih kami kerjakan saya ajak Angkatan Darat. Mereka akan terlibat dalam proses identifikasi 122 data kuburan massal,” ujar Luhut di kantor Kemenko Polhukam, Rabu (18/5/2016).

Luhut mengaku, pihak TNI AD telah menyetujui untuk membantu dalam proses ini. “Mereka sudah setuju,” kata Luhut.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan (YPKP) 1965 Bejo Untung dan Anggota Dewan Pengarah International People’s Tribunal (IPT) 65 Reza Muharam bersama beberapa perwakilan organisasi masyarakat sipil lainnya telah menyerahkan data 122 titik yang diduga sebagai tempat penguburan massal yang letaknya tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera.

Dalam kesempatan tersebut, Bejo meminta agar pemerintah menjamin keselamatan seluruh saksi dan korban ketika nanti dimintai keterangannya untuk menunjukkan letak kuburan massal itu.
(Samsul Arifin)