Home » News » Kanada Resmi Lindungi Hak LGBT Dalam Undang-Undang

Kanada Resmi Lindungi Hak LGBT Dalam Undang-Undang



Montreal – Pemerintah Kanada melalui Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, secara resmi mengumumkan Undang-Undang baru untuk melindungi kaum LGBT, khususnya transgender, dari diskriminasi pada Senin (16/5/2016).

Kanada Resmi Lindungi Hak LGBT Dalam Undang-Undang

“Bahkan hari ini, terlepas dari berbagai rintangan yang sudah diatasi, pertempuran yang sudah kita menangkan, dan kemenangan yang sudah kita rayakan, kita masih menyaksikan, dalam beberapa kasus, korban ketidakadilan,” ujar Trudeau dalam pidatonya di sebuah ajang yang digelar organisasi pejuang hak-hak LGBT, Fondation Emergence.

“Kita harus terus menuntut kesetaraan yang sesungguhnya. Kita harus melanjutkan warisan dari mereka yang memperjuangkan keadilan,” tambah Trudeau.

Undang-undang tersebut akan diperkenalkan kepada publik oleh Menteri Kehakiman Jody Wilson-Raybound pada hari ini, Selasa (17/5/2016), bertepatan dengan peringatan Hari Melawan Homofobia, Transfobia dan Bifobia Internasional.

Di dalam undang-undang ini nantinya, identitas gender akan ditambahkan sebagai hal yang dilarang untuk dijadikan alasan diskriminasi, selain agama, ras, jenis kelamin, dan orientasi seksual.

Bukan hanya itu, kaum transgender juga dimasukkan ke dalam undang-undang Hukum Pidana sebagai pihak yang harus dilindungi dari kekerasan atau upaya kebencian.

Undang-undang ini sebenarnya sudah berusaha beberapa kali untuk diloloskan namun selalu gagal. Namun yang sekarang berkuasa adalah Partai Liberal, maka kemungkinan besar undang-undang baru ini akan diloloskan dengan mudah.
(Samsul Arifin)